Sang Pemula

Tuesday, March 21, 2006

Cerita Tan Malaka


Begitu aku kenal dengan sosialisme, aku juga mulai mengenal nama tan Malaka! Awalnya aku hanya dengar2 saja tentang nama ini! Kemudian aku tahu, dia adalah tokoh komunis Indonesia! Ya, KOMUNIS, Kawan!
Tapi, dia tokoh komunis sebelum Indonesia merdeka. Ya, tahun 1920-an.
Pertama aku baca biografi Tan Malaka karya Poeze, Pergulatan Menuju Republik! Tulisanya kecil2 dan bukunya lumayan tebal, sekitar 500-an halaman.
Trus, baca...dan baca nyampe beberapa kali, komentarku cuman, GILA! Top bgt ni orang, pikirku.
Ya, gimana nggak keren, Tan menjadi tokoh revolusioner made in Indonesia. Klo orang bilang Che keren, aku juga bisa bilang: Tan nggak kalah keren.
Trus baca lagi buku karya Tan Malaka, Aksi Massa. Bolehlah, komentarku pada buku itu! Revolusioner BGT! Dan pastinya, ada konsep! Ya, Konsep perjuangan! Kmu tahukan, pemikir bangsa ini, miskin mengeluarkan KONSEP!
Trus baca Madilog! Pusing, setelah baca itu. sampai saat ini, udah tiga kali baca Madilog dan tetap pusing! Bukannya aku nggak paham lho! Tapi memang butuh tenaga ekstra untuk memahami buku ini!
kalau aku nggak paham bgt, aku nggak akan cerita tentang buku ini! aku hanya bilang: Setelah Kita merdeka puluhan tahun, aku belum menemukan buku yang se-keren Madilog!
Tan bikin buku ini tahun 1942. Saat kita belum merdeka, saat Nippon dan Walanda masih berkuasa! Tapi isinya, memikirkan bangsan ini kedepan, lepas dari penjajahan + cara-caranya sekalian!
Ya, tinggalkan pemikiran yang cenderung gaib dan diubah ke pemikiran materialisme, dialektika dan logika.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home