Sang Pemula

Wednesday, August 30, 2006

Aku, S.G.A. & Ketika Jurnalisme Dibungkam, Sastra Harus Bicara

Kemarin malam, orang No. 2 di jajaran redaksi tempatku bekerja tiba-tiba telp. aku dan mengabarkan adanya bantuan dari sebuah perusahaan mi instan di Negeri ini yang akan diserahkan besok. Aku iya-iya saja karena aku usah tahu sejak siang harinya.
Malas nonton TV yang menyiarkan kekalahan Indonesia atas Myanmar di Piala Kemerdekaan, buku Ketika Jurnalisme Dibungkam, Sastra Harus Bicara karya S.G.A. aku sambar. Buku terbitan kedua ini belum sama sekali aku baca dan saatnya larut dalam dunia S.G.A pikirku...
S.G.A. dalama kata pengantar terbitan kedua, bertanya apakah dalam jaman reformasi ini masihkah jurnalisme terancam? Dan katanya S.G.A. yang mengancam jurnalisme tidak hanya kekuasaan, tetapi bisa juga preman, orang berduit hingga kepentingan media dimana jurnalisme berada di dalamnya.
Ngantuk, langsung tidur aja lagian banyak agenda yang harus banyak aku kerjakan esok hari!Pagi, Bosku telp. di Raso ada penangkapan TSK pembunuhan, britanya gede dan kemarin aku nggak dapat info itu! Dan kasus ini udah kali ketiga aku alami dalam beberapa bulan terakhir. Usai menerima telp. dari Bos, serasa beban 1 ton berada dipundak!Acara penyerahan bantuan dari produsen mi instan belum juga dimulai, otak pusing, cabut aja dari tempat itu dan ke penyerahan bantuan rumah darurat dari LSM Lingkungan terkenal di Negeri ini.
Kantor polisi akhirnya aku datang padamu!!!Bas bis bus, dengan berbagai cara, data TSK, kronologis dapat dan pulang. Tiga fakta, bantuan dari produsen mi instan, bantuan dari LSM lingkungan hidup dan fakta yang terlambat aku dapatkan penangkapan TSK pembunuhan!!!!
Di atas jok motor yang semakin menipis, aku melamun selama perjalanan dan tiba-tiba buku Ketika Jurnalisme Dibungkam, Sastra Harus Bicara yang baru kata pengantarnya aku baca, melintas dipikiran. Jurnalisme, masih terancam, bahkan ancaman bisa datang dari dalam media itu sendiri! Ada pesanan liputan hingga tekanan yang memekakkan telinga! Benarkah itu semua? Aku tak tahu! Aku pusing sekali hari ini!!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home